Benarkah Minyak Kayu Putih Dapat Cegah Covid-19?

Akhir-akhir ini simpang siur bahwa minyak kayu putih dapat mencegah Covid-19 mulai beredar di kalangan masyarakat.

Benarkah senyawa minyak kayu putih dapat mencegah Covid-19? Melansir dari halodoc. Hasil penelitian dalam sebuah jurnal menunjukkan bahwa minyak atsiri pada kayu putih dapat mencegah virus Corona.

Meskipun penelitian tersebut membutuhkan penelitian empiris, namun senyawa 1,8 sineol disinyalir memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam proses penyembuhan pada penyakit saluran pernapasan asma.

Selain itu senyawa yang sama juga dilaporkan dapat mencegah virus influenza dan juga memberikan proteksi pada paru-paru.

Menurut jurnal kesehatan yang dipublikasikan oleh BMC Immunology, ternyata minyak esensial disebutkan memiliki peran dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Saat masa pandemi seperti sekarang ini, memang yang paling terpenting adalah menjaga kesehatan dan menaikkan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa demikian? karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah salah satu upaya utama pertahanan dalam mencegah Covid-19.

Selain itu Anda juga disarankan untuk tidak merokok, mengkonsumsi buah dan sayur, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, mengurangi konsumsi alkohol, mengatur pola tidur, meminimalkan stres, dan juga mematuhi protokol kesehatan.

Jadi, masalah minyak kayu putih dapat mencegah Covid-19 atau tidak masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas minyak kayu putih itu sendiri.

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar