Mengapa Virus Corona Bisa Bermutasi?

Hingga saat ini kita semua masih hidup berdampingan dengan Covid-19. Semakin kesini berita tentang mutasi virus Corona semakin beredar luas, hingga menimbulkan pertanyaan, kok bisa sih virus Corona bermutasi?

Sebelumnya apa itu mutasi virus? Jadi Ketika virus menginfeksi manusia, maka virus akan menempel pada sel dan menggandakan RNA untuk menyebar ke seluruh tubuh manusia.

Namun dalam penggadaan RNA baru yang terbentuk berubah dari aslinya. Maka para ilmuwan ini menyebutnya mutasi, jadi mutasi ini terjadi secara acak dan tidak disengaja.

Sebenarnya virus dapat bermutasi secara terus-menerus. Seberapa sering virus tersebut bermutasi tergantung dengan jenis virus itu sendiri.

Seperti contoh salah satu virus yang cepat bermutasi adalah virus influenza. Karena itu penelitian mengenai vaksin influenza masih terus berkembang hingga saat ini.

Namun, menurut penelitian ada yang dapat bermutasi empat kali lebih lambat daripada influenza loh, virus tersebut adalah virus Corona.

Tahukah Anda jika salah satu faktor yang dapat mempengaruhi mutasi suatau virus adalah perbedaan geografis? Jadi varian virus dari berbagai negara bisa jadi berbeda-beda varian. Hal ini terjadi karena memang geografis di suatu negara berbeda-beda.

Lalu mengapa virus Corona dapat bermutasi?

Seperti halnya dengan seleksi alam pada makhluk hidup, virus juga mengalami hal yang serupa, tetapi bedanya disini virus bukanlah makhluk hidup karena mereka butuh inang untuk dapat bereplikasi. Tidak hanya itu virus juga oleh proses evolusi sehingga dapat berubah demi menyesuaikan diri. Nah ini termasuk virus corona juga ya.

Namun mutasi tidak selalu menghasilkan virus yang lebih kuat loh. Varian baru virus Corona sendiri beramutasi sangat banyak hingga akhir-akhir ini tiap pekan hampir ditemukan mutasi baru.

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar