Apa Bedanya Virus Corona Varian Alpha, Beta, dan Delta?

Akhir-akhir ini varian virus Corona mulai menjadi perbincangan hangat. Varian yang sering disebut-sebut dengan varian Alpha, Beta, dan Delta ini telah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Dengan munculnya tiga varian virus Corona tersebut membuat kekhawatiran masyarakat semakin bertambah. Agar masyarakat dapat waspada, maka harus mengenal dari ketiga varian virus Corona.

Ketiga varian ini dikenal memiliki gejala yang khas dan berbeda-beda loh. Namun Anda tidak perlu khawatir. Selalu jaga kesehatan dan taati protokol kesehatan ya!

1. Alpha (B117)

Varian Alpha adalah sebutan untuk virus Corona B117. Varian ini pertama kali diidentifikasi di inggris pada akhir tahun 2020 lalu.

Varian ini dipercaya lebih mudah menyebar daripada versi aslinya. Ada beberapa vaksin yang diklaim mampu melawan varian B117 ini, yaitu vaksin Pfizer, vaksin Novavax, Johnson & Johnson, dan juga AstraZeneca.

2. Beta (B1351)

Varian yang kedua adalah varian Beta. Varian ini adalah sebutan untuk virus Corona B1351. Virus Corona jenis ini diidentifikasi pertama kali di Afrika Selatan pada bulan Oktober 2020.

Varian terbaru ini diduga 50 persen lebih mudah tertular dibandingkan varian sebelumnya. Para ahli menganggap varian B1351 ini dapat menurunkan efektivitas vaksin. Berdasarkan beberapa uji klinis vaksin yang ada saat ini masih kurang efektif untuk melindungi

3. Delta (B1617.2)

Varian yang selanjutnya adalah varian Delta. Varian Delta ini sendiri adalah sebutan untuk virus Corona B1617. Varian Delta diidentifikasi pertama kali di India.

Virus Corona jenis ini memiliki mutasi yang mudah menular, bahkan melebihi virus Corona varian Alpha.

Selain itu varian Delta ini memiliki tiga jenis strain yaitu B1617.1, B1617.2, dan B1617.3. Namun menurut WHO hanya varian B1617.2 yang menjadi VoC, sedangkan kedua jenis varian lainnya memiliki tingkat penularan yang lebih rendah.

Itulah beberapa varian dari Covid-19. Selalu jaga Kesehatan dan stay safe everyone!


Komentar (0)

Komentar