Tips Saat Membeli Makanan Melalui Aplikasi Pesan Antar

Selama masa pandemi, pemerintah selalu menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Hal ini membuat permintaan pembelian secara online semakin meningkat. Pasalnya semua orang harus berdiam diri di rumah dan tidak berkeliaran di luar rumah.

Seperti saat ini salah satu yang sedang marak adalah pembelian melalui aplikasi pesan antar. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi pesan antar seperti Gojek dan juga Grab.

Hal ini dirasa cukup praktis karena kita cukup menunggu di rumah saja, maka barang atau makanan yang kita inginkan akan datang dengan sendirinya.

Agar tetap aman saat membeli makanan melalui aplikasi pesan antar, yuk simak tips berikut!

1. Bayar dengan cara tanpa uang tunai (cashless)

Tips yang pertama adalah Anda diminta untuk tidak membayar menggunakan uang tunai. Usahakan juga jangan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit ya, karena hal tersebut akan membuat Anda kontak dengan kurir yang mengantarkan makanan Anda.

Anda dapat menggunakan metode pembayaran secara digital seperti melalui dompet digital yang tersedia di aplikasi atau transfer uang secara online ke nomor rekening yang telah disediakan oleh penjual.

2. Berinteraksi seminimal mungkin dengan kurir

Tips yang kedua adalah Anda dapat berinteraksi seminimal mungkin dengan kurir. Akan lebih baik jika tidak ada interaksi sama sekali. Anda dapat meminta kurir untuk meninggalkan makanan yang Anda pesan di depan pintu rumah Anda.

Jika memang terpaksa harus bertemu dengan kurir maka Anda wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

3. Bersihkan tangan sebelum dan sesusah mengambil makanan

Tips selanjutnya adalah bersihkan tangan sebelum dan sesudah mengambil makanan. Sebelum mengambil makanan, pastikan Anda mencuci tangan dengan bersih. Jangan lupa untuk selalu gunakan sabun saat mencuci tangan ya.

Lakukan hal yang sama saat usai mengambil makanan, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau mungkin virus yang menempel di tangan dan juga di kemasan makanan yang Anda beli.

4. Buang kemasan makanan

Tips yang terakhir adalah Anda harus membuang kemasan makanan yang telah Anda beli. Segera buang plastik pembungkus, karena Anda tidak tahu kotoran apa saja yang menempel pada pembungkus tersebut.

Yuk sama-sama patuhi protokol kesehatan dan janga lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Salam sehat!

Komentar (0)

Komentar