Apakah Anak-anak Perlu Mendapatkan Vaksin Corona?

Vaksin Corona cukup hangat diperbincangkan akhir-akhir ini. Namun banyak yang bertanya-tanya apakah anak-anak perlu mendapatkan vaksin ini?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angka kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain.

Melihat tingginya kasus kematian anak akibat Covid-19 ini pastinya tidak boleh dibiarkan saja, Pemerintah Indonesia menjanjikan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Namun, anak-anak bukanlah kelompok prioritas untuk mendapatkan vakaisnasi Covid-19. Terdapat banyak kandidat penerima vaksin Corona, tetapi belum ada satupun kandidat vaksin anak yang siap, termasuk untuk penggunaan darurat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak merekomendasikan vaksin Covid-19 yang pertama kali tersedia untuk diberikan kepada anak-anak.

Hal ini karena uji klinis yang dilaksanakan selama ini hanya berfokus pada orang dewasa saja dan dengan keadaan sehat serta tidak sedang hamil.

Lalu pada usia berapa anak dapat menerima vaksin? Dilansir dari CNN, Pfizer telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk melakukan uji coba vaksin ini kepada anak 12-17 tahun.

Namun, masih perlu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitas dari vaksin Covid-19 untuk anak-anak ini.

Kenapa vaksin Covid-19 untuk anak-anak belum tersedia? Ini dia alasannya:

1. Risiko Covid-19 pada anak

2. Sistem kekebalan tubuh anak

3. Izin dari orang tua

4. Kemanan dan efektivitas vaksin

 

Komentar (0)

Komentar