Stop Menggunakan Hand Sanitizer Secara Berlebihan!

Memakai hand sanitizer untuk membersihkan tangan adalah salah satu cara alternatif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Namun, tahukah Anda jika memakai hand sanitizer yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya?

Dampak buruk yang dialami ini dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalam hand sanitizer. Nah, bagi Anda yang hobi menggunakan hand sanitizer harus tau ini.

Bahaya menggunakan hand sanitizer berlebihan:

1. Menyebabkan masalah kulit

Bahaya yang pertama adalah dapat menyebabkan masalah pada kulit Anda. Terlalu sering menggunakan hand sanitizer tidak baik bagi Kesehatan kulit.

Hal ini terjadi karena kulit yang terpapar alkkohol terus menerus akan mengalami iritasi. Selain itu kulit juga akan rentan terkena keriput.

2. Menyebabkan resistensi bakteri

Selanjutnya menggunakan hand sanitizer yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi bakteri. Antibiotik yang ada pada hand sanitizer memanglah efektif untuk membunuh bakteri.

Namun kandungan triclosan dalam gel pembersih tangan ini dipercaya beberapa pakar medis berperan besar membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

3. Menurunkan kekebalan tubuh

Tahukah Anda jika memakai hand sanitizer yang berlebihan juga dapat menurunkan kekebalan tubuh loh. Alkohol dan triclosan yang ada pada hand sanitizer berguna untuk membunuh kuman atau mikroba, namun selain itu juga dapat membuat bakteri baik ikut berkurang.

Saat bakteri baik berkurang, maka system imun tubuh akan melemah dan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

4. Mengandung bahan kimia bahaya

Ada sebuah penelitian melaporkan bahwa menggunakan hand sanitizer akan dapat meningkatan kadar pestisida dalam tubuh.

Hand sanitizer biasanya mengandung pewangi yang berbahan kimia sintetis, hal ini dapat menyebabkan risiko gangguan alergi, asma, hingga kanker.

Itulah beberapa bahaya jika Anda mengguakan hand sanitizer secara berlebihan. Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar