Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak akan Tes Covid-19?

Hingga saat ini tes swab adalah cara yang paling akurat untuk menentukan apakah Anda terpapar virus Corona atau tidak.

Menurut beberapa dokter, tes swab ini perlu dilakukan jika ada anak-anak yang memiliki riwayat kontak erat dengan penderita Covid-19.

Misalnya kontak erat dengan ODP, PDP, dan OTG, atau mungkin jika anak mengalami gejala penyerta Covid-19 seperti adanya gangguan atau infeksi pernapasan.

Sebelum anak melakukan tes Covid-19, penting bagi para orang tua untuk memberikan dukungan pada anak. Lalu apa saja yang harus dilakukan para orang tua jika anak akan melakukan tes Covid-19?

1. Jelaskan mengenai tes Covid-19

Saat anak akan melakukan tes swab, penting bagi Anda untuk menjelaskan kepada anak mengenai tes tersebut.

Anak-anak mungkin akan membayangkan bahwa tes Covid-19 menyeramkan, maka dari itu orang tua harus mengedukasi kepada anak agar tidak ketakutan.

Menjelaskan dengan tenang bahwa tes Covid-19 dapat mengetahui ada atau tidaknya kuman dan virus yang ada di dalam tubuh anak. Jika anak segera ditangani maka akan sehat kembali dan dapat bermain-main lagi di rumah seperti sebelumnya.

2. Jangan memarahi anak

Sebelum tes Covid-19, pastinya Anda akan menawari anak untuk melakukan tes tersebut. Namun, disini Anda tidak boleh memaksa jika mereka menolak untuk melakukan tes.

Ditakutkan jika Anda memaksa dan memarahi bisa membuat anak tertekan dan akan menyebabkan trauma.

3. Temani anak saat melakukan tes

Pastikan Anda menjelaskan kepada mereka jika saat melakukan tes Covid-19 Anda akan menemaninya. Hal ini dilakukan agar anak tetap merasa aman dan tenang.

Tetap berikan semangat untuk anak Anda dan jangan lupa untuk ajarkan pola hidup yang bersih dan sehat. Stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar