Berapa Lama Anosmia akan Sembuh dari Penderita Covid-19?

Anosmia merupakan salah satu gejala umum yang dialami beberapa penderita Covid-19. Anosmia sendiri adalah kehilangan penciuman sementara.

Menurut sejumlah penelitian, faktanya anosmia adalah salah satu indikator Covid-19 terkuat jika dibandingkan dengan gejala yang lain seperti batuk dan demam.

Bahkan dalam kasus ringan pasien Covid-19 sering dilaporkan bahwa tidak bisa mencium bau dan kemudian mengalami kehilangan indra perasa.

Gejala anosmia bukan hanya tidak bisa mencium bau saja tapi penderita juga bisa kesulitan merasakan makanan yang masuk ke mulut.

Setelah sembuh dari Covid-19, gejala anosmia ini akan hilang dengan sendirinya. Namun butuh waktu berapa lama anosmia ini akan sembuh?

Melansir dari Kompas.com, setelah dirangkum dari berbagai sumber, anosmia pada pasien Covid-19 mempunyai durasi yang berbeda-beda.

Ada beberapa pasien yang sembuh setelah 2 minggu, 1 bulan, 2 bulan, bahkan ada yang 5 bulan.

Hingga saat ini masih belum ada pastinya berapa lama gejala anosmia bisa sembuh dari pasien Covid-19. Selain itu belum ada juga pedoman standar untuk menyembuhkan pasien dengan anosmia.

Komentar (0)

Komentar