Atasi Anosmia dengan Bahan Alami Ini

Anosmia atau tidak bisa mencium bau biasanya masalah kesehatan yang dianggap remeh oleh beberapa orang.

Namun, tahukan Anda jika anosmia merupakan salah satu gejala umum yang dialami oleh beberapa orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Selain mengalami gangguan indra penciuman, biasanya penderita anosmia juga tidak peka rasa, hal ini terjadi karena kedua indra tersebut saling berhubungan.

Penyebab anosmia sendiri dapat terkait gangguan pernapasan sampai kerusakan saraf, diantaranya adalah:

· Hidung tersumbat karena pilek, alergi, atau infeksi sinus

· Cedera pada hidung dan saraf karena operasi atau benturan di kepala

· Efek samping obat tertentu seperti antibiotik, antidepresan, antiperadangan, obat jantung, dll

· Polip hidung atau pertumbuhan benjolan hidung dan sinus

· Efek samping terapi radiasi untuk kanker kepala dan leher

· Penurunan fungsi indra penciuman karena pertambahan usia

· Penyakit anosmia bawaan

Anosmia bisa disembuhkan dengan terus melakukan latihan penciuman, ini dilakukan untuk memicu kembalinya indra penciuman.

Ini dia bahan alami yang dapat membantu atasi anosmia

1. Lemon

Lemon dapat digunakan untuk melatih indra penciuman agar dapat merasakan bau lagi. Mengapa harus lemon? Alasannya adalah karena lemon memiliki bau kecut yang khas.

Tidak hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan, zat antimikroba, dan vitamin C. Kandungan itu sangat bermanfaat untuk anosmia.

Untuk mengkonsumsinya Anda bisa menyeduh perasan lemon menggunakan air hangat dengan mencampurkannya dengan madu. Ini dapat Anda konsumsi dua kali sehari agar bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi anosmia.

2. Jahe

Seperti yang kita tahu, jahe adalah salah satu rempah yang memiliki wangi yang khas dan kuat. Itu berasal dari zat bernama gingerol yang terkadung di dalam jahe. Zat satu ini berguna untuk membantu mengatasi anosmia loh.

Anda dapat menghancurkan jahe yang sudah dikupas. Kemudian seduhlah dengan air panas. Sebelum diminum, biarkan jahe seduhan itu selama 15 menit.

3. Daun Mint

Jika Anda akan menggunakan daun mint untuk menghilangkan anosmia, ada dua cara yang pertama Anda dapat gunakan sebagai pelatih indra penciuman karena daun ini memiliki bau yang khas.

Kedua, Anda dapat merebus 10 – 15 lembar daun mint, tambahkan madu kemudian Anda dapat meminumnya.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung asam risinoleat yang berguna sebagai antiradang dan antibakteri. Keduanya ini dipercaya baik untuk mengatasi masalah indra penciuman yang hilang.

Anda dapat menumbuk 4-5 siung bawang putih dan seduh dengan air mendidih. Sebelum diminum Anda dapat diamkan selama dua menit terlebih dahulu.

Komentar (0)

Komentar