Hasil Tes PCR Terus Positif, Kok Bisa?

Selama masa pandemi, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rapid test, swab, dan tes swab PCR. Ketiga istilah tersebut berkaitan dengan diagnosis Covid-19.

Rapid test, swab, dan PCR adalah istilah dalam metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 atau tidak dalam tubuh seseorang.

Sampai saat ini, PCR menjadi tes paling akurat untuk mendiagnosis Covid-19. Lalu apa sih penyebab hasil PCR masih terus positif?

Tes PCR dirancang untuk mendeteksi materi genetik virus. Materi genetik yang dimaksud aitu virus SARS-CoV-2 utuh yang masih aktif.

Selama masih ada materi genetik virus Corona di dalam tubuh sekalipun sisanya, hasil PCR akan selalu positif.

Saat Anda selesai melakukan isolasi dan sudah tidak ada lagi gejala yang dirasa, maka Anda tidak perlu panik. Mengapa demikian? karena PCR hanya mendeteksi bahwa masih ada sisa bangkai virus di tubuh Anda.

Proses penghancuran sisa-sisa virus oleh tubuh dapat memakan waktu hingga 83 hari, Jadi masih memungkinkan terdeteksi oleh PCR hingga 3 bulan kedepan.

Pada orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang bergejala, maka keluhan dan gejala yang dirasakan akan hilang setelah 10-15 hari.

Sedangkan untuk pasien yang bergejala berat, maka mungkin bisa terjadi lebih lama yaitu setelah dua puluh hari.

Komentar (0)

Komentar