Tips Memilih Sabun Cuci Tangan untuk Anda

Hidup di tengah pandemi seperti saat ini, membuat kita semua selalu waspada dan lebih berhati-hati dengan lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, protokol kesehatan juga mulai diperketat, karena akhir-akhir ini kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan.

Banyak orang-orang yang kembali memburu obat dan alat kesehatan. Selain itu sabun cuci tangan dan juga hand sanitizer kini juga menjadi incaran.

Hal ini terjadi karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus menghimbau agar selalu rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Pastinya ini adalah sebagai salah satu langkah pencegahan penularan virus Corona. Namun, tahukah Anda jika memilih sabun cuci tangan yang tepat sangat lah penting?

Saat ini sangat banyak sekali produk sabun cuci tangan yang beredar di pasaran. Maka dari itu Anda harus lebih memperhatikan lagi dan memilih dengan cermat.

Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan saat akan membeli sabun cuci tangan?

1. Membaca komposisi produk

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah komposisi produk. Jenis surfaktan yang umum terkandung dalam produk sabun cuci tangan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (SLES).

Tidak hanya itu, beberapa sabun cuci tangan juga memiliki fungsi tambahan seperti sifat antibakteri.

Biasanya produk seperti ini tidak hanya menghilangkan bakteri dan virus saja saat digunakan dengan air mengalir, namun juga dapat membunuhnya.

Anda dapat menjumpai bahan antibakteri ini dalam komposisi produk dengan nama triclosan (TCS) dan Tricloarban (TCC).

2. Perhatikan kandungan alergen

Terkadang saat menggunakan sabun cuci tangan bisa menyebabkan ruam pada kulit. Hal ini biasanya terjadi karena adanya alergi dengan kandungan alergen dalam sabun.

Saat ini banyak sabun cuci tangan yang mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi pada kulit.

3. Jangan hanya lihat warna dan aroma

Jangan tergiur dengan warna dan aroma yang ditawarkan oleh beberapa produk sabun cuci tangan, karena sebenarnya warna dan aroma yang ditambahkan dalam produk cuci tangan tidak memiliki fungsi esensial selain menarik minat pembeli.

Pertimbangkan lagi sabun cuci tangan yang tidak bewarna dan memiliki aroma terlalu tajam, karena cuci tangan akan kita lakukan secara rutin.

Jangan sampai Anda salah pilih ya. Selalu jaga kesehatan dan rajin mencuci tangan. Stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar