Mitos atau Fakta Berjemur dapat Mencegah Virus Corona?

Selama masa pandemi sudah banyak kabar beredar bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu mencegah virus Corona.

Sinar matahari saat pagi hari dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengapa demikian? karena ketika terserap oleh kulit, sinar ultraviolet pada cahaya matahari akan merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D.

Vitamin D sendiri dapat membantu meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh sehingga dapat menjaga fungsi otot dan saraf, selain itu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu mitos atau fakta berjemur itu dapat mencegah virus Corona? Mengenai berita yang beredar bahwa virus Corona akan musnah di bawha sinar matahari. Beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sinar UV dan suhu panas di atas 56 derajat dapat membunuh sejumlah virus, seperti virus SARS, flu burung, dan influenza.

Namun hingga saat ini belum ada studi yang membuktikan bahwa sinar UV dan panas dari sinar matahari dapat membunuh virus Corona, baik di udara maupun di dalam tubuh.

Berjemur di bawah matahari dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi, termasuk Covid-19, meskipun tidak dapat langsung membunuh virus Corona.

Agar lebih terhindar dari Covid-19 dan dapat menghentikan penyebarannya maka Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

· Mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun minimal 20 detik.

· Menggunakan masker dengan benar

· Melakukan physical distancing, paling tidak 1-2 meter dengan orang lain

· Menjaga daya tahan tubuh

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar