Tips Memilih Masker yang Benar dan Aman

Masker merupakan salah satu benda yang sedang diburu selama masa pandemi. Pasalnya benda satu ini merupakan salah satu benda wajib yang dapat melindungi kita dari penyebaran virus Corona.

Namun saat masker sedang melambung gila-gilaan di pasaran, ini juga menimbulkan beberapa kesempatan untuk melakukan kecurangan oleh sejumlah produsen masker.

Kini mulai banyak beredar masker palsu hingga masker dari daur ulang masker bekas, sungguh mengerikan bukan?

Maka dari itu, jangan sampai Anda tertipu, pilihlah masker yang asli dan terjamin kualitasnya. Agar Anda tidak bingung, yuk simak bagaimana cara membedakan masker asli dengan yang palsu!

1. Cek izin edar masker

Masker medis yang asli pasti memiliki nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan, sedangkan masker medis yang palsu tidak memiliki nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Selain itu, biasanya masker palsu tidak memiliki filter molekul, jadinya hanya menahan udara saja. Padahal fungsi asli dari masker adalah menahan molekul yang beeterbangan disekitar sehingga tidak tertular penyakit.

2. Pilih masker dua warna

Agar Anda tidak salah memilih masker, maka pilihlah masker dengan dua warna yang berbeda. Misalnya warna biru dan putih atau hijau dan putih.

Mengapa demikian? Karena jika ada warna hijau di bagian depannya dan warna putih didalamya maka menunjukkan ada lapisan penyaring untuk molekul besar seperti virus dan bakteri.

3. Perhatikan lapisan masker

Secara fiisk sendiri masker yang asli pasti memiliki tiga lapisan penyaring. Lapisan paling luar berfungsi untuk mencegah percikan masuk, lapisan tengah berfungsi untuk filtrasi, dan lapisan bagian dalam yang menyentuh mulut dan hidung berfungsi untuk absorbs.

Karena saat ini banyak beredar masker palsu, maka Anda harus berhati-hati saat membuang masker. Karena sudah banyak juga kasus produsen masker mendaur ulang masker yang telah dipungut atau diambil dari tempat sampah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan dan stay safe everyone! 

 

Komentar (0)

Komentar