Apakah Benar Golongan Darah Menentukan Kerentanan terhadap Virus Corona?

Banyak isu beredar bahwa golongan darah dapat menentukan kerentanan terhadap virus Corona. Lalu apakah hal itu benar?

Selain itu juga banyak yang menganggap bahwa golongan darah O lebih kebal terhadap virus ini. Yuk simak ulasannya terlebih dahulu!

Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel sarah merah tersebut.

Golongan darah sendiri ditentukan berdasarkan jenis antigen yang menempel pada sel darah merah. Antigen tiap individu biasanya diturunkan dari gen kedua orang tua.

Berdasarkan antigen ini, golongan darah dapat dibagi menjadi beberapa, diantaranya adalah golongan darah A, B, AB, dan O.

Isu yang sedang beredar mengenai golongan darah yang dapat menentukan kerentanan terhadap infeksi virus ini berasal dari sebuah studi yang menggunakan data pasien Covid-19 di dua daerah di China, yaitu di Kota Wuhan dan Shenzhen.

Studi ini menunjukkan bahwa jumlah pasien Covid-19 yang bergolongan darah A lebih banyak daripada pasien yang memiliki golongan darah O.

Karena perbedan jumlah yang cukup siginifikan maka peneliti menyimpulkan bahwa orang dengan golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus Corona dan sebaliknya orang yang bergolongan darah O memiliki tingkat risiko penularan yang lebih rendah.

Namun, yang diketahui sampai detik ini kerentanan seseorang terhadap infeksi virus dipengaruhi oleh daya tahan tubuh.

Maka dari itu, Anda harus menaikkan dan menjaga daya tahan tubuh. Biasanya daya tahan tubuh yang lemah misalnya seperti karena usia lanjut atau peyakit kronis dapat membuat seseorang lebbih mudah terinfeksi virus.

Jadi, apapun golongan darah Anda harus tetap melakukan tindakan pencegahan yang maksimal.

Komentar (0)

Komentar