Berapa Lama Harus Melakukan Isolasi Mandiri?

Banyak yang merekomendasikan bahwa pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, berapa lama harus melakukan isolasi mandiri? Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) orang dewasa yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang dapat berpotensi menularkan virus hingga hari ke 10 setelah muncul gejala.

Sedangkan pada pasien dengan gejala yang berat hingga kritis membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati masa infeksiusnya, yaitu 20 hari setelah muncul gejala.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan pedoman isolasi mandiri pasien Covid-19, salah satunya yaitu mengenai isolasi mandiri.

Isolasi mandiri untuk pasien, tergantung dengan derajat keparahan penyakitnya. Berikut ini adalah durasi lama pasien melakukan isolasi:

· Pasien tanpa gejala harus melakukan isolasi selama 10 hari setelah terkonfirmasi positif.

· Pasien dengan gejala ringan harus melakukan isolasi selama 10 hari setelah timbul gejala ditambah minimal 3 hari setelah bebas gejala.

· Pasien dengan gejala sedang harus melakukan isolasi selama 10 hari setelah timbul gejala ditambah minimal 3 hari setelah bebas gejala.

· Pasien dengan gejala berat harus melakukan isolasi hinggat dinyatakan sembuh oleh dokter penanggung jawab dengan hasil tes PCR negatif dan klinis membaik.

Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar