Vaksinasi Dosis 3 Sudah Dimulai, Apa Syaratnya?

Sekelompok orang yang paling berisiko tertular Covid-19 salah satunya adalah tenaga kesehatan (nakes). Meskipun mereka telah melakukan vaksinasi secara penuh, namun bukan berarti mereka dapat kebal tehadap virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI mengatakan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 diberikan kepada nakes agar mereka tidak dengan mudah terpapar.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyampaikan bahwa Indonesia telah memulai vaksinasi dosis ketiga pada Jumat (16/7/2021).

Dosis ketiga ini memang ditunjukkan untuk tenaga kesehatan atau nakes. Namun vaksin yang ini berbeda dengan yang sebelumnya.

Vaksin ketiga yang diberikan ini adalah jenis vaksin Moderna. Vaksin Moderna ini telah resmi mendapat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan POM pada Jumat, 2 Juli 2021.

Dengan diterbitkannya EUA ini membuktikan bahwa vaksin tersebut aman, bermutu, dan berkhasiat.

Lalu apa saja syarat untuk mendapatkan dosis ketiga ini?

Adapun syarat untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga ini adalah:

1. Tenaga kesehatan.

2. Sudah melakukan suntik dosis pertama dan dosis kedua.

3. Memiliki jeda waktu selama 3-6 bulan sebelum menjalani vaksinasi dosis ketiga.

Melansir dari Kemenkes melalui akun resmi instagramnya, sejauh pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak memiliki efek samping serius yang ditimbulkan.

Diharapkan penyuntikan vaksin dosis ketiga ini bisa segera dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia agar cepat selesai.

Komentar (0)

Komentar