Sudah Vaksin Covid-19 Kok Harus Pakai Masker?

Pasti banyak diantara kalian yang bertanya “kok masih harus pakai masker sih? Kita kan udah vaksin,”

Selain itu beberapa pertanyaan juga sempat ditanyakan oleh beberapa orang seperti “jadi kalau kita habis vaksin bisa menjalani hidup seperti sebelum pandemi ya?”

Namun, untuk saat ini jika beberapa orang mengaharapkan hal demikian masih belum bisa dilakukan.

Beberapa ahli telah mengatakan bahwa kita semua harus tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan yang mungkin akan tejadi.

Alasan yang diberikan sendiri adalah:

1. Vaksin bukan perlindungan 100 persen

Seperti yang kita tahu vaksin terbaik hingga saat ini yang tersedia hanya menawarkan perlindungan hingga 95 persen.

Sementara vaksin yang dipakai di Indonesia sepert CoronaVac efikasinya masih 65,3 persen, maka dari itu masih ada 34,7 persen kemungkinan tertular virus Corona.

2. Kondisi kesehatan setiap orang berbeda

Kondisi setiap orang itu berbeda, beberapa orang dapat meningkatkan respons imun yang lebih kuat usai mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua dibandingkan yang lain namun juga ada keadaan yang berbeda.

Karena kondisi setiap orang berbeda maka dari itu jangan sampai Anda lengah karena sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

3. Virus bermutasi

Hingga saat ini berita tentang mutasi virus corona SARS-CoV-2 masih terus bermutasi di seluruh dunia.

Para ahli juga sudah memperingatkan penyintas Covid-19 yang sudah mendapat antibodi masih berpeluang terinfeksi varian virus corona yang lain seperti varian baru B117 atau 501Y.V2.

4. Seberapa lama kekebalan bertahan

Para peneliti hingga saat ini belum mengetahui berapa lama kekebalan yang dberikan oleh vaksin akan bertahan. Maka dari itu lebih baik jika kita juga tetap mematuhi protokol kesehatan agar tetap aman.

Meskipun Anda telah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan dosis 2 maka jangan anggap remeh kesehatan diri Anda dan lingkungan sekitar Anda.

“Kami belum tahu apakah dengan divaksinasi berarti Anda bukan lagi pembawa virus corona. Artinya orang yang diimunisasi lengkap mungkin masih bisa menularkan Covid-19 kepada orang lain,” kata Analis Medis CNN Dr. Leana Wen.

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar