Rekomendasi Makanan untuk Penyintas Covid-19

Memulihkan kekebalan pasca infeksi Covid-19 adalah hal yang sangat penting. Saat terinfeksi Covid-19 maka tubuh Anda akan rusak seperti memperlambat fungsi pencernaan, imunologi, dan reproduksi.

Demi menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh pasca terinfeksi Covid-19 maka Anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Ini dia makanan yang di rekomendasikan untuk penyintas Covid-19.

1. Padat kalori

Saat Anda melawan virus di dalam tubuh maka akan membutuhkan banyak energi yang digunakan. Terkadang tubuh juga akan cepat merasa lelah. Maka dari itu Anda harus menambahkan makanan padat kalori yang hilang.

Makanan seperti nasi, oat, kentang, dan ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalori dan memberi energi pada tubuh.

2. Protein

Tahukah Anda jika protein merupakan nutrisi yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan regenerasi sel. Nutrisi seperti ini sangat dibutuhkan oleh tubuh saat masa pemulihan.

Konsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, susu, ayam, daging, ikan, dan telur.

3. Vitamin dan Mineral

Untuk membantu mempercepat pemulihan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang berserat.

Anda dapat mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari. Buah yang mengandung vitamin C akan membantu proses pembentukan antibodi sekaligus melawan infeksi. Sedangkan sayuran hijau dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Cairan

Infeksi dalam tubuh dapat membuat orang mengalami dehidrasi. Maka dari itu air atau cairan adalah elemen penting dalam kehidupan.

Cairan dapat membantu mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi dalam darah, dan juga membuang racun yang ada dalam tubuh. Jadi, Anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 – 3 liter setiap hari.

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk penyintas Covid-19. Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar