Jenis-jenis Alat Pelindung Diri untuk Merawat Pasien Covid-19

Alat Pelindung diri (APD) adalah seperangkat perlengkapan yang berfungsi untuk melindungi diri dari bahaya atau kesehatan tertentu, seperti infeksi virus atau bakteri.

Petugas medis yang menangani pasien Covid-19 perlu menggunakan APD agar tidak terinfeksi oleh virus Corona.

Berikut adalah jenis APD yang umumnya digunakan untu para tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.

1. Masker

Biasanya ada dua jenis masker yang sering digunakan untuk menangani pasien Covid-19, yaitu masker bedah dan masker N95.

Untuk mengurangi risiko penularan dan mencegah penularan kepada orang lain, pemerintah juga menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker.

2. Gaun medis

Gaun medis digunakan untuk melindungi lengan dan area tubuh dari paparan virus selama tenaga medis melakukan prosedur penanganan dan perawatan pasien.

3. Pelindung mata

Pelindung mata biasanya terbuat dari bahan plastik jernih dan juga transparan. Fungsinya sendiri adalah untuk melindungi mata dari paparan virus yang dapat masuk ke tubuh melalui mata.

4. Pelindung wajah

Tidak beda jauh dengan perlindung mata, pelindung wajah juga terbuat dari plastik jernih dan transparan. Jenis APD ini dapat menutupi seluruh area wajah mulai dari dahi hingga dagu.

5. Penutup kepala

Penutup kepala berfungsi untuk melindungi kepala dan rambut para petugas medis dari percikan air liur atau dahak pasien selama merawat pasien. Penutup kepala ini harus terbuat dari bahan yang tidak mudah robek dan ukurannya pas di kepala.

6. Sarung tangan medis

Sarung tangan medis digunakan untuk melindungi tangan para tenaga medis dari cairan tubuh pasien selama merawat. Idealnya sarung tangan yang digunakan tidak mudah sobek, aman digunakan, dan ukurannya pas.

7. Sepatu pelindung

Sepatu pelindung umumnya terbuat dari karet atau kain yang tahan air dan harus dapat menutupi seluruh kaki hingga betis.

Selalu jaga kesehatan ya, jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan. Stay safe everyone!

 

Komentar (0)

Komentar