Apa itu Pandemic Fatigue? Lalu Bagaimana Tips Menghadapinya?

Banyak dari kita yang masih tidak menyangka pandemi Covid-19 akan berlanjut hingga bertahun-tahun.

Sampai saat ini pandemi juga masih belum dinyatakan berakhir, meski kasus sudah mengalami penurunan.

Pandemi yang tidak pasti kapan berakhirnya, bisa membuat orang merasa kelelahan dan mulai memilih bersikap pasrah atau masa bodoh dengan protokol kesehatan.

Psikologi Klinis Ratih Ibrahim, MM., Psikolog menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami kehilangan motivasi untuk mengikuti saran protokol kesehatan akibat pandemi yang berkepanjangan dapat dikatakan mengidap pandemic fatigue.

Pernahkah Anda mendengar istilah pandemic fatigue? Pandemic fatigue atau kelelahan akan pandemi adalah kondisi ketika seseorang lelah dengan ketidakpastian kapan sebuah pandemi akan berakhir.

Saat ini sudah banyak yang mulai mengidap pandemic fatigue. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar dialami. Namun, meskipun begitu Anda harus tetap mengikuti protokol kesehatan untuk membantu menghentikan laju kasus positif Covid-19.

Lalu bagaimana cara menghadapi pandemic fatigue?

1. Bentuk pola pikir positif

Luangkan waktu untuk introspeksi diri dan merenungkan apa yang akan Anda lakukan. Jangan lupa untuk ubah pola pikir menjadi positif.

Bila Anda merasa jengkel, marah, lelah, dan stres maka terimalah dan tetap pikirkan bahwa yang Anda alami saat ini adalah wajar. Terapkan selalu pikiran yang positif.

2. Hindari doomscrolling

Doomscrolling adalah kecenderungan untuk menelusuri media sosial secara terus-menerus, terutama untuk mencari berita-berita negatif.

Kebiasaan buruk seperti ini akan menimbulkan efek fisik maupun psikis loh, jadi lebih baik kamu hindari kegiatan yang memperparah seperti doomscrolling.

3. Seimbangkan waktu bekerja dan pribadi

Supaya Anda tetap memiliki work-life balace, maka sebaiknya buatlah jadwal untuk diri sendiri yanh harus Anda patuhi.

Hal ini juga termasuk penting, tujuannya sendiri agar Anda memiliki waktu kerja yang efisien dan di sisi lain memiliki waktu untuk urusan pribadi Anda.

4. Menjaga asupan nutrisi

Hal terpenting untuk mendukung daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19 adalah menjaga asupan nutrisi.

Tidak hanya supan nutrisi fisik yang harus kita terapkan, tetapi Anda juga harus menjaga asupan nutrisi batin. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari membaca dan menyebar berita-berita yang sumbernya tidak jelas.

5. Pulihkan energi

Selama masa-masa sulit Anda perlu menambahkan waktu istirahat utuk memulihkan dan mengisi kembali energi fisik maupun mental Anda.

Jaga Kesehatan diri Anda dan stay safe!


Komentar (0)

Komentar