Mengapa Kita Butuh Vaksin Covid-19 Booster? Ini Pandangan WHO

Vaksin booster atau yang sering disebut sebagai vaksin dosis tiga ini dianggap penting untuk meningkatkan antibodi secara penuh agar terhindar dari virus corona.

Melansir dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dosis booster diberikan kepada orang yang telah menyelesaikan serangkaian vaksinasi primer dan seiring waktu kekebalan tubuh menurun di bawah tingkat yang dianggap cukup.

Tujuan pemberian dosis booster ini sendiri adalah untuk mengembalikan efektivitas vaksin dari yang dianggap tidak mencukupi lagi.

Melansir informasi dari laman covid19.go.id ada tiga alasan menurut WHO yang membuat seseorang mungkin ingin memberikan dosis tambahan.

1. Saat tubuh tidak merespons

Saat tubuh tidak merespons secara memadai setelah menerima dua dosis pertama, maka bisa jadi Anda memiliki gangguan kekebalan. Saat seperti ini mungkin Anda perlu menerima dosis kektiga. Alasannya karena dua dosis pertama tidak melakukan apa yang harus mereka lakukan pada orang normal dan sehat.

2. Waktu kekebalan

Jika seiring waktu kekebalan yang Anda terima dan capai sebagai hasil dari vaksinasi mulai berkurang, itu mulai memburuk atau menurun. Maka saat ini mungkin dapat diberikan vaksin ketiga.

3. Kinerja vaksin

Alasan ketiga sendiri mengapa mungkin seseorang dapat menerima dosis ketiga adalah saat kinerja vaksin kurang atau tidak memadai terhadap beberapa varian kekhawatiran yang muncul.

Jadi, Anda butuh vaksin Covid-19 booster atau tidak?

Komentar (0)

Komentar