Si Kecil Tidak Mau Menggunakan Masker? Ini Dia Tipsnya

Hingga saat ini pandemi belum juga usai. Pemerintah masih terus menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satu protokol kesehatan yang perlu dipatuhi adalah memakai masker.

Lalu bagaimana dengan anak-anak yang biasanya enggan untuk memakai masker? Padahal infeksi virus corona bisa dialami oleh anak-anak.

Pasti para ibu selalu mempertanyakan hal tersebut. Namun, sebelumnya para ibu harus mengetahui bahwa anak yang belum genap berusia 2 tahun belum boleh menggunakan masker ya. Penggunaan masker disarankan untuk anak yang berusia 5 tahun ke atas.

Bagi sebagian anak-anak pasti banyak yang menolak untuk menggunakan masker saat keluar rumah atau bepergian. Jadi, apa yang harus ibu lakukan saat anak enggan menggunakan masker saat bepergian?

1. Memberikan edukasi

Tips pertama yang harus dilakukan para ibu adalah memberikan edukasi tentang virus Corona. Selain itu edukasi tentang pentingnya penggunaan masker juga harus diberikan.

Berikan edukasi dengan kata-kata yang halus dan yang mudah dipahami oleh anak. Ini dilakukan agar Si Kecil termotivasi dan untuk menggunakan masker.

2. Beri contoh menggunakan masker

Biasanya anak kecil senang meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Agar Si Kecil dengan senang hati menggunakan masker, maka kedua orang tua harus memberikan contoh agar di tiru oleh Si Kecil.

Perlihatkan juga etika memakai masker yang baik, dengan tidak melepas-pasang masker, terutama saat sedang berbicara dengan orang lain, tidak menyentuh-nyentuh masker selama memakainya, dan selalu mencuci tangan setelah memasang atau melepas masker.

3. Jangan memaksa dan memarahinya

Jika Si Kecil tidak mau atau belum terbiasa menggunakan masker, maka orang tua tidak perlu memaksa dan memarahinnya, buatlah rutinitas menggunakan masker agar hal ini menjadi menyenangkan.

4. Terapkan sebuah aturan

Agar Si Kecil tidak lupa menggunakan masker, penting bagi orang tua untuk mengingatkannya setiap saat. Selain itu, buatlah aturan terkait penggunaan masker.

5. Biarkan anak memilih sendiri

Biarkan anak memilih jenis masker yang akan digunakan. Sekarang ini, sudah banyak masker yang berwarna-warni dan bermotif, ini dapat menambah minat Si Kecil untuk menggunakan masker.

Itulah beberapa tips untuk para orang tua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Stay safe!

 

Komentar (0)

Komentar