Aturan WNA dari 11 Negara Masuk Ke Indonesia

Pemerintah mengeluarkan aturan baru terkait dengan perjalanan internasional bagi Warga Negara Asing (WNA) yang hendak masuk ke Indonesia.

Aturan ini diterbitkan dalam rangka menyikapi dinamika munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 dari luar wilayah Indonesia.

Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 mulai berlaku efektif tanggal 29 November 2021 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Dalam SE ini ditegaskan bahwa menutup sementara masuknya Warga Negara Asing (WNA) dari 11 negara.

Namun, aturan yang sama juga menjelaskan pengecualian yaitu bagi delegasi negara-negara G20. Selain para delegasi G20, pengecualian juga diberikan kepada WNA pemegang visa diplomatik dan visa dinas, WNA pejabat asing setingkat Menteri ke atas beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi atau kenegaraan, dan WNA yang masuk ke Indonesia melalui skema TCA atau travel corridor arrangement.

Meskipun sejumlah kategori WNA itu dikecualikan, tetapi mereka tetap harus mematuhi sistem bubble dan protokol kesehatan secara ketat yang kriterianya telah ditentukan.

Aturan yang telah ditentukan adalah:

1.   Para wisatawan asing masuk ke Indonesia melalui titik masuk (entry point) banda udara di Bali dan Kepulauan Riau.

2.   Selain ketentuan/persyaratan menunjukkan kartu atau sertifikat telah menerima vaksin Covid-19 dan hasil negatif tes PCR pelaku perjalanan internasional tujuan perjlaanan wisata juga wajib melampirkan.

a.   Visa kunjungan singkat atrau izin masuk lainnya sesuai perarturan yang berlaku.

b.   Bukti kepemilikan asuransi Kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100 ribu Dolar AS yang mencakup pembiauaan penanganan Covid-19.

c. Bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran tempat akomodasi dari penyedia akomodasi selama menetap di Indonesia.

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Komentar (0)

Komentar