Satgas Covid-19 Sediakan Fasilitas Karantina di Sekitar Pintu Masuk Negara

Akhir-akhir ini kasus baru dari varian Covid-19 yang bernama Omicron menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, kasus baru ini membuat perjalanan dari luar negeri menuju Indonesia dibatasi.

Beberapa kasus Omicron sudah ditemukan di Indonesia, ini membuat Satgas Covid-19 akan memfasilitasi karantina untuk pelaku perjalanan di sekitar pintu masuk negara.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto akan memastikan kebutuhan fasilitas karantina pelaku perjalanan terlaksana dengan baik di lapangan.

Suharyanto yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB telah meninjau langsung fasilitas karantina, mulai dari Rusun Nagrak Cilincing, Rusun Daan Mogot, dan LPMP DKI Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas yang akan disediakan untuk melayani kebutuhan para pelaku perjalanan internasinal.

Kebutuhan fasilitas karantina di atas tanggal 20 Desember di prediksi oleh Angkasapura II yang merujuk pada data Traffic Quarantine akan mengalami kenaikan. Alasannya sendiri karena animo masyarakat untuk melakukan perjalanan lintas negara masih tinggi.

Agar fasilitas yang diberikan dapat terakomodasi, Satgas Covid-19 bekerjasama dengan stakeholders terkait upaya peningkatan ketersediaan fasilitas karantina di sekita wilayah pintu kedatangan baik di udara, laut, maupun darat.

Penambahan fasilitas terakhir telah ditambahkan di DKI Jakarta sebagai salah satu pintu kedatangan internasional yaitu di Rusun Daan Mogot dan LPMP DKI Jakarta.

Selain mengupayakan fasilitas karantina, Satgas Covid-19 juga memantau implementasi alur skrining kesehatan agar tetap bisa berjalan dengan kondusif. Pemantauan ini dilakukan untuk mencegah mobilitas saat turun dari pesawat.

Kedepannya, pemerintah akan terus mengawasi baik angka kapasitas dan kesediaan untuk karantina dan juga mobilitas di pintu masuk negara.

Pemerintah juga tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak mendesak.

 

Komentar (0)

Komentar